Ada banyak kisah di dalam al-Qur’an yang dapat kita petik pelajarannya. Di antara kisah yang disebutkan di dalam al-Qur’an yaitu kisah Thalut dan Jalut. Kisah ini menceritakan tentang perbedaan antara orang-orang yang beriman dan orang-orang yang ingkar. Dan salah satu pelajaran berharga yang dapat diambil dari kisah Thalut dan Jalut yaitu pertolongan Allah kepada orang-orang yang beriman meskipun jumlah mereka sedikit sementara orang-orang kafir sangat banyak.

Surat Al Baqarah adalah salah satu surat istimewa. Surah Al Baqarah memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan surat yang agung ini adalah bahwa orang yang sudah menghafal surah Al Baqarah full lebih layak untuk diutamakan daripada orang lain, karena menghafal Al Baqarah adalah sebab keutamaan di akhirat, dan tanda pemahaman agama seseorang. Karena QS Al Baqarah mengandung banyak hukum fiqih yang tidak disebutkan dalam surat lain. Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengutamakan sahabat yang hafal surat Al Baqarah full ini. Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata, “Dahulu jika ada seseorang telah hafal surat Al Baqoroh dan Ali Imran, maka ia dianggap sebagai orang yang agung di antara kami.”

Pada episode kali ini, Yufid.TV menayangkan tentang tafsir surat Al Baqarah mudah dan ringkas, yang sudah memasuki pembahasan Al Baqarah juz 2 bagian akhir, yaitu terdapat pada Al Quran halaman 41 surah Al Baqarah ayat 249-252. Sedikit ulasan dari video di atas, pada Al Baqarah ayat 249 yang dilanjutkan dengan Al Baqarah ayat 250, Allah menguji keimanan para hambanya dengan kejujuran dan kesabaran ketika Raja Thalut memimpin peperangan melawan Jalut, sehingga doa Nabi Daud dipanjatkan. Kemudian di Al Baqarah ayat 251, Allah mengangkat Daud ‘alaihissalam sebagai Nabi setelah beliau membunuh Jalut dan memenangkan perang atas izin Allah. Dan pada pembahasan terakhir Al Baqarah ayat 252, terdapat penegasan dari Allah tentang kebenaran ayat-ayat-Nya dan kenabian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Simak pemaparan tafsir bacaan surat Al Baqarah 249-252 selengkapnya dalam video di atas.

Penjelasan kandungan surat Al Baqarah dalam video di atas juga dilengkapi dengan murottal surat Al Baqarah. Al Baqarah merdu akan dilantunkan oleh seorang qori’. Murottal surat Al Baqarah tersebut juga akan dibacakan secara tartil dengan makhraj yang jelas sehingga membuat kita lebih khusuk dan mudah dalam mempelajari dan memahaminya. surat Al Baqarah ayat 252 ini merupakan akhir dari ayat juz 2.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se