Sebagai seorang muslim, kita meyakini bahwa agama Islam adalah agama terbaik. Sebab agama yang Allah ridhai hanyalah Islam. Dan agama Islam sangat lekat dengan sosok seorang Rasul yaitu Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Lantas apa agama para Nabi terdahulu?

Pernahkah terbesit dalam pikiran kita sebuah pertanyaan apakah agama nabi Adam? Apa agama nabi Isa? atau agama nabi Muhammad sebelum menjadi Rasul? Pertanyaan seperti itu pasti sering muncul apabila kita tidak benar-benar mempelajari ilmu agama. Sejatinya agama para Nabi dan Rasul itu sama, yaitu agama tauhid. Tauhid artinya mengesakan Allah semata dalam perkara ibadah, pengagungan serta kecintaan dan menafikan selainNya.

Tidak ada agama baru yang dibawa para Nabi, yang ada hanyalah pembaharuan syariat menyesuaikan umat pada zamannya. Agama nabi Adam yang merupakan agama pertama di dunia hingga agama para nabi yaitu agama nabi Ibrahim, agama nabi Isa hingga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai nabi terakhir memiliki agama yang sama yaitu tauhid yang merupakan asas utama agama islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai penutup para Nabi merupakan pembawa agama samawi terakhir.

Agama samawi adalah agama langit, agama yang dipercaya oleh para pengikutnya dibangun berdasarkan wahyu Allah. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam juga mendapat gelar rahmatan lil alamin. Rahmatan lil alamin artinya sebagai rahmat atau cinta kasih bagi seluruh alam. Hal ini merujuk dari asal mula dan arti perkata, yaitu rahmatan yang berarti ‘cinta kasih’ dan alamin yang berarti ‘alam semesta’. Terkait hal ini, ungkapan rahmatan lil alamin disampaikan dalam salah satu ayat dalam Alquran. Tepatnya, pada surat Al Anbiya’ ayat 107,

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.”

#posterdakwah #agamaparanabi #agamaislam

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se