Hari Jumat merupakan hari ke-enam dalam kalender Hijriah. Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Sebab berbagai keutamaan dapat dijumpai pada hari Jumat. Di antara amalan di hari Jumat yaitu membaca surat al-Kahfi dan memperbanyak shalawat. Selain itu, pada hari Jumat juga terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa. Di dalam al-Qur’an terdapat surat yang memiliki arti hari Jumat. Surat yang dimaksud yaitu surat al-Jumu’ah (surat ke-62 terdiri dari 11 ayat).

Surat al Jumuah merupakan surat ke 62 dalam urutan mushaf al-Quran yang terdapat di juz 28. Menurut pendapat mayoritas ulama, surah al Jumuah tergolong kedalam surat Madaniyah karena pembahasan didalam QS al Jumuah berkaitan dengan shalat jumat yang mana hal tersebut tidak pernah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam lakukan di Makkah.

Dalam video kali ini, Yufid.TV akan menayangkan tentang tadabbur bacaan surat al Jumu’ah. Video ini berisi penjelasan tafsir surat al Jumuah yang bersumber dari kitab al-Mukhtashar fii tafsir di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram). Selain penjelasan tafsir ayat per ayat, di dalamnya juga terdapat murottal surat al Jumuah serta surat al Jumu’ah dan terjemahannya.

Sedikit mengulang tentang surat al Jumuah dan artinya, Pada ayat pertama surat al Jumuah ayat 1, penjelasan tentang ketundukkan seluruh makhluk yang ada dilangit maupun dibumi kepada Allah. Kemudian surat al Jumuah ayat 2, Allah menegaskan bahwa Dia-lah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang tidak memiliki kitab suci dan tidak ada jejak kerasulan sebelumnya. Allah menjelaskan tentang hakikat kematian yang kita tidak akan bisa lari darinya di surat al Jumuah ayat 8. Pada surat al Jumuah ayat 9-11 akan membahas tentang keutamaan hari jumat. Di surah al Jumuah ayat 9, Allah menyeru kepada orang yang beriman untuk menunaikan shalat jumat dan meninggalkan jual beli. Dalil pada surat al Jumuah ayat 9, membuat shalat jumat menjadi ibadah yang wajib diperhatikan dan dilaksanakan. Allah tetap mempersilahkan hambanya mengejar dunia sebagaimana surat al Jumuah ayat 10. Namun di ayat terakhir yaitu surat al Jumuah ayat 11, Allah kembali menegaskan bahwa apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan, dan ditutup dengan salah satu asmaul husna, Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.

Simak pembahasan tafsir dan murottal surat al Jumuah merdu selengkapnya dalam video di atas.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlJumuah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se