Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan. Oleh karena itu, setiap kejahatan memiliki kosekuensi hukuman yang setimpal di dalam Islam. Ada 3 perkara yang dapat membuat pelakunya mendapatkan hukuman berat semisal hukuman mati. Siapakah mereka?

Hukum membunuh orang, hukum zina muhsan, dan hukum murtad adalah 3 perkara yang dapat menjadikan halalnya darah seseorang. Hadits tidak halal darah seorang muslim kecuali karena 3 hal dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَحِلُّ دَمُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ، يَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ، إِلَّا بِإِحْدَى ثَلاَثٍ: النَّفْسُ بِالنَّفْسِ، وَالثَّيِّبُ الزَّانِي، وَالمَارِقُ مِنَ الدِّينِ التَّارِكُ لِلْجَمَاعَةِ

”Tidak halal darah seorang muslim yang bersaksi laa ilaaha illallah dan bahwa aku utusan Allah, kecuali karena tiga hal: nyawa dibalas nyawa, orang yang berzina setelah menikah, dan orang yang meninggalkan agamanya, memisahkan diri dari jamaah kaum muslimin.” (HR. Bukhari 6878, Muslim 1676, Nasai 4016, dan yang lainnya).

Hadits di atas juga merupakan dalil tentang hukum orang yang murtad. Arti murtad adalah orang yang sebelumnya beragama Islam kemdian ia keluar dari agama Islam. Membunuh seorang muslim akan memicu hukum qishash. Sedangkan hukuman rajam dalam Islam diberlakukan bagi pelaku zina muhsan. Zina muhsan adalah perzinahan di mana pelakunya sudah menikah. Hukuman zina muhsan adalah rajam. Apa itu rajam? Rajam adalah hukuman mati dengan cara dilempari batu sampai meninggal.

Hukum qisas adalah menjatuhkan hukuman kepada seorang mukallaf semisal dengan kejahatan yang ia lakukan terhadap orang lain. Di antara contoh hukum qisas dalam Islam yaitu qishah yang berkaitan dengan nyawa. Hukum qishash bagi pembunuh adalah dibunuh kecuali apabila keluarga korban memaafkan pembunuh tersebut baik dengan denda ataupun cuma-cuma. Hukum qishash dalam Islam juga berlaku untuk jenis kejahatan yang tidak sampai merenggut nyawa, misal qishash potong anggota badan.

Ayat tentang qishash dapat kita temukan pada surat al Baqarah ayat 178. Allah subhanahu wata’alaa berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِصَاصُ فِى ٱلْقَتْلَى

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh…” (surah al Baqarah ayat 178)

Wallahu a’lam.

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid TV dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video kajian kitab Umdatul Ahkam. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#hukumanmati #UmdatulAhkam #UstadzArisMunandar

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se