Allah subhanahu wata’alaa menciptakan manusia dengan suatu tujuan yang mulia. Manusia diciptakan untuk beribadah hanya kepada Allah subhanahu wata’alaa. Dan dalam menjalani kehidupan, kita diberikan pedoman berupa al-Qur’an dan as-Sunah. Dengan mempelajari al-Qur’an dan as-Sunah, kita akan mengetahui apa-apa yang merupakan kewajiban serta hal-hal yang harus ditinggalkan.

Surat Al Insan merupakan surat ke 75 dalam urutan mushaf Al Quran. Surat Al Insan juz berapa? Surah Al Insan termasuk bagian dari juz 29. QS Al Insan memiliki beberapa keistimewaan tersendiri, salah satunya surat Insan adalah surah yang sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam terutama di setiap shalat subuh pada hari jumat, bersama dengan surat As Sajdah, sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitab shahihnya. Terdapat perselisihan waktu turunnya surat Al Insan ini, apakah tergolong surat makkiyah atau madaniyah. Namun para ulama lebih condong memasukkan Quran Surat Al Insan kedalam surat makkiyah kecuali satu dua ayat yang turun di kota Madinah.

Dalam video di atas, Yufid.TV akan menjabarkan dengan mudah dan ringkas tafsir surat Al Insan. Tafsir Al Insan di atas menggunakan rujukan kitab Al Mukhtashar fi tafsir. Surat Al Insan ayat 1 – 31 secara garis besar menjelaskan tentang peringatan terhadap manusia. Al Insan artinya manusia, yang diambil dari Al Insan ayat 1. Allah menegaskan keberadaan manusia yang sebelumnya sesuatu yang tidak ada dan tidak dikenal. Kemudian pada Al Insan ayat 2, Allah menjelaskan asal usul penciptaan manusia dan tujuan diciptakannya. Dalam surat Al Insan ayat 1-10 kita dapat mengambil pelajaran bahwa Allah akan membalas orang-orang yang bertakwa dengan surga yang penuh kenikmatan. Pada Al Insan ayat 7, Allah menyebutkan salah satu sifat mereka. Dalam surat Al Insan ayat 22, Allah juga menegaskan semua kenikmatan yang mereka dapat adalah balasan atas apa yang mereka perbuat.

Sudah banyak konten yang membahas tentang murottal surat Al Insan merdu, salah satunya yaitu penulisan surat Al Insan latin dan Al Insan metode ummi. Namun dalam video surat Al Insan kali ini akan menyajikan tampilan yang berbeda dan menarik yang berisi murottal Al Insan beserta terjemahannya, dan tidak ketinggalan tentang penjelasan tafsir Al Insan merdu dari ayat ke ayat sehingga membuat pemirsa lebih mudah menyimak dan mempelajarinya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlInsan

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se