Makelar Di Makelarkan – Poster Dakwah Yufid TV

Tentu Anda mengenal istilah makelar, mereka berada di sekeliling kita dengan nama yang beragam; wakalah, broker, tim marketing, dsb. Makelar dalam Islam diatur sedemikian rupa, agar seorang muslim tidak salah kaprah dalam menjalaninya. Memang yang up date dalam skala perbincangan kita ialah bagaimana hukum makelar tanah dalam Islam, apakah hal tersebut dibenarkan? Hukum jual beli dalam Islam dianjurkan syariat, Allah Ta’ala berfirman, (artinya) “Dan Allah halalkan jual beli.”

Jual beli mempunyai syarat dan rukun. Syarat jual beli dalam Islam tidak serumit jual beli di masa jahiliyah. Kali ini, tim Poster Dakwah berhasil menyusun tema yang unik; Makelar Di Makelarkan, kok bisa? Bisa dunk … simak penjelasannya lebih lanjut. Secara garis besar, rujukan materi kita ambil dari makalah wakalah dan dasar hukum wakalah serta konsep pemasaran syariah. Dalam kode etik marketing atau etika marketing ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Meluas dari topik pembahasan, sekiranya bisa menambah wawasan dengan mengenal contoh contoh marketing syariah. Menguasai hal-hal terkait lainnya seperti materi jual beli, apa itu jual beli, rukun jual beli dan akad jual beli. Dalam makalah syirkah, baik itu syirkah inan dan abdan … semuanya saling terkait dalam satu pembahasan. Bisa jadi, banyak yang bertanya berupa pertanyaan tentang syirkah dan contoh syirkah. Hukum syirkah pun diatur dalam fikih Ahkamul Buyu’. Maka timbul pertanyaan untuk ngetes pelajar; sebutkan manfaat jual beli atau tolong sebutkan dalil tentang syirkah? Dan lain sebagainya.

Sebagai penutup, semoga Anda dapat mengambil hikmah syirkah melalui video ini. Barakallahu fikum.