Daurah Fiqih Muamalah eps. 02 – Kaedah Fiqih Harta Muamalah sesi 02 – Syaikh Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili

Kamis, 25 April, pukul 10.30 WIB

Macam macam muamalah yang telah kita kenal dan seringnya kita berkecimpung di dalamnya semata-mata bukan dalam rangka menumpuk untung sebanyak-banyaknya melainkan menuai berkah dalam aktivitas muamalah yang kita jalani. Muamalat adalah hal yang berjalan di tengah-tengah manusia. Alhamdulillah Fadhilatus Syaikh Sulaiman berkenan membuatkan makalah fiqih muamalah dalam sesi ceramahnya ini.

Prinsip muamalah pada dasarnya dibangun di atas prinsip syariat yang membawa kemaslahatan bagi para hamba-Nya. Hal-hal terkait pertanyaan tentang muamalah dalam cakupan fiqih muamalah kontemporer atau yang lazim disebut dengan fiqih muamalah jual beli atau ringkasnya fiqih muamalah, yang mana tentunya membahas syarat jual beli dalam Islam.

Ruang lingkup fiqih yang kini dibahas oleh pemateri ialah fiqih Islam lengkap dasar dengan judul Kaedah Kaedah Fiqih Harta Muamalah. Sebuah penelitian terhadap ilmu fiqih dasar dan banyak dimuat dalam makalah jual beli dalam Islam. Dengan mendengarkan ceramah ini seolah-olah kumpulan hadits tentang jual beli ada di depan mata Anda.

Dari sini kita memurajaah kembali macam macam fiqih; riba; riba dalam pandangan Islam; dan pemateri Syaikh Sulaiman Ar Ruhaili hafizahullah mengingatkan akan pentingnya menuntut ilmu dan hukum menuntut ilmu, agar para hadirin di manapun berada, tetap semangat mempelajari ilmu syar’i.