Pilihan Jitu – Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA. – Ceramah Pendek

Didalam kehidupan sehari-hari kita seringkali kita dihadapi dengan sebuah pilihan antara melakukan atau tidak melakukan, memilih A atau B dan terkadang pilihan itu sulit untuk mengambil keputusan sehingga sedikit orang yang kemudian kecewa ketika akibat dari pilihannya tidak sesuai dengan yang dia inginkan. Padahal di dalam agama kita ketika akan mengambil sebuah keputusan kita di ajari dua hal, yang pertama Minta petunjuk kepada Allah, dan yang kedua Minta pertimbangan kepada orang lain.

Minta petunjuk kepada Allah yang dinamakan dengan shalat istikharah kemudan minta pertimbangan orang lain dengan kata lain intisyarah. Ada sebuah nasehat yang mengatakan tidak akan pernah rugi orang yang minta pertimbangan kepada orang lain dan tidak akan pernah menyesal orang yang minta petunjuk kepada Allah. Walaupun nanti hasilnya tidak sesuai keinginannya dia tidak akan menyesal karena dia sudah minta petunjuk kepada Allah karena Allah tidak akan mungkin menyesatkan hambanya kalau hambanya ini sudah benar-benar meminta petunjuk kepada Nya.

Ada sebuah nasehat emas dari Sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam yaitu Tolhah Bin Ubaidillah Radhiyallahu ‘anhu ketika kita akan mengambil sebuah keputusan. Apa nasehat tersebut? Simak dalam video kajian ini.