Penghalang-Penghalang Rezeki – Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Mengenal macam macam dosa dan ayat AlQuran tentang maksiat menyebutkan bahwa ada korelasi antara pengertian dosa dan pengertian maksiat. Dosa dan maksiat termasuk, dua hal yang menjadi penyebab penghalang rezeki bagi seseorang. Oleh karena itu, di sini pemateri membawakan hal-hal yang mendatangkan rezeki seperti: doa tawakal; contoh tawakal; tawakal dan ikhtiar harus bergandengan; memahami manfaat tawakal yang benar, serta mengintisarikan hadits tentang tawakal yang biasa dijadikan dalil tentang tawakal. Lantas, apa itu tawakal?

Tawakal adalah bagian dari usaha, bahkan usaha yang paling utama untuk meraih keberhasilan. Dan perlu kita ingat bahwa rezeki adalah ketentuan Allah. Seorang yang berikhtiar memperhatikan cara menggapai rezeki Allah, agar kelak ia mendapat rezeki barokah dalam hidupnya. Rezeki menurut Al Quran didapat dengan bertakwa sebagaimana disebutkan, (artinya) “Barangsiapa yang bertakwa, maka Allah berikan rezeki dari arah yang tiada ia sangka-sangka.”

Sebenarnya ini adalah materi kajian umum, namun mengingat keterbatasan waktu pemateri, beliau hanya sedikit mengurai penghalang penghalang rezeki, termasuk di antaranya penghalang rezeki dalam rumah tangga yang disebabkan karena dosa keduanya (suami istri). Contoh dosa seperti apa? Tidak qanaah dengan pemberian suaminya atau seorang suami yang tidak mensyukuri keberadaan istrinya. Memang, rezeki Allah yang mengatur dan rezeki jaminan Allah itu pasti, namun demikian, tidak meniadakan ihtiar seseorang.

Ustadz Firanda Andirja menyuguhkan hakikat rezeki yang senantiasa akan bertambah dengan kesyukuran. Syukur dengan nikmat yang diterima, baik yang hissi maupun maknawi.