Raja Dzulqarnain Bukan Alexander The Great! – Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Keutamaan surat Al Kahfi yang dijabarluaskan dalam kitab tafsir sungguh lebih dari cukup untuk kita mengambil faidah darinya. Dan apa yang kami unggah ini hanya sebagian kecil saja. Bukan tentang viralnya tembok Zulkarnain ditemukan (pasca diketemukan) … bukanpula anjuran membaca surat ini yang tertuang dalam hadits tentang surah Al Kahfi. Akan tetapi kami suguhkan ke meja pemirsa sebuah bahasan berjudul Raja Dzulqarnain Bukan Alexander The Great ! bersama Ustadz Firanda Andirja hafizahullah selama 1 jam ke depan, insya Allah …

Inilah seluk beluk kisah Nabi Zulkarnain lengkap, kisah nabi Zulkarnain dan mukjizatnya (berupa membuat tembok dari besi) dan sedikit mengurai asal usul Yajuj Majuj. Memang banyak literatur yang berseliweran tentang tokoh heroik satu ini, ada yang menyebutnya Iskandar Zulkarnain dan Alexander The Great, benarkah demikian? Sedikit ulasan kisah Yajuj Majuj dalam AlQuran melengkapi kisah kita, sebuah i’tibar dari hadits tentang sombong berikut kisah orang sombong dan akibatnya hingga tembok Yajuj Majuj yang bakalan roboh pada suatu masa.

Apabila Anda tengah mencari kisah orang sholeh, duduklah sejenak untuk menonton, bagaimana Allah memberikan “sentilan” kepada orang orang sombong, cara menghadapi orang sombong, bukan dengan keperkasaan para prajurit perang, akan tetapi Allah Ta’ala kirimkan bala tentaranya berupa angin, lalat, serangga hingga membuat mereka tak berkutik seketika. Subhanallah!

Inilah kisah Nabi yang terjadi di masa lampau, menurut salah satu pendapat para ulama, sebab ada yang berpendapat bahwa beliau adalah Raja. Dan sekelumit kisah Turunnya Isa bin Maryam ‘alaihissalam di akhir zaman.