Hukum Doorprize (Sst … Ada Gharar yang Gratiz) – Ustadz Ammi Nur Baits – 5 Menit yang Menginspirasi

Gharar adalah yang tidak jelas hasilnya sebagaimana disebutkan oleh Syaikhul Islam dalam Majhul Al-‘Aqibah. Sedangkan contoh jual beli gharar di masa ini teramat banyak. Adakah sama antara hukum hadiah dan hukum doorprize? Hingga harus dibisikkan Sst Ada Gharar yang Gratiz, agar menarik minat pemirsa? Gharar melingkupi doorprize, akan tetapi padanya ada rincian: ada gharar yang murni haram dan gharar yang murni dibolehkan.

Secara khusus video ini menyuguhkan kepada pemirsa Yufid TV berupa pengertian judi, memahami hadits tentang judi, menyibak lebih dalam ayat AlQuran tentang judi, mengetahui dengan pasti akibat berjudi, dan mengetahui illat kenapa judi dilarang agama? Baiklah para pemirsa, mari sejenak kita tengok praktek hadiah jalan sehat yang telah berlangsung di negeri kita, sudahkah sesuai tuntunan agama?

Dahulu, pernah kita singgung dalam video Hukum Undian Jalan Sehat Berhadiah dan hukum undian berhadiah menurut Islam. Adakah tadlis di dalamnya? Tadlis adalah penipuan yang terjadi dalam akad jual beli, yang demikian masuk kepada bahasan ruang lingkup fiqih muamalah. Masukpula di dalamnya hukum jual beli ijon, mengenal jenis jenis jual beli, melihat lebih dekat gharar dalam asuransi. Memahami dengan baik fikih jual beli beserta rukun jual beli plus syarat jual beli, maka akan memudahkan pemirsa untuk mengetahui hukum jual beli secara umum dan khususnya (terkait akad tertentu). Salah satunya undian. Undian memang serupa dengan doorprize, hanya prakteknya yang berbeda.