Tafsir Al Quran Al Fajr: Surah Al Fajr Ayat 1-30: Tafsir Mudah dan Ringkas

Siapa yang tidak kenal surat al-Fajr? Sobat Yufid.TV pasti bukan hanya tahu, tapi juga hafal kan? Surat al-Fajr merupakan surat ke 89 di dalam Al Quran. Surat al-Fajr adalah surat yang cukup pendek terdiri dari tiga puluh ayat sehingga begitu mudah untuk dihafalkan. Lantas, sudahkah kita mengetahui makna-makna yang terkandung di dalam surat yang agung tersebut? Yuk simak tafsir surat al-Fajr berikut ini.

Surah al Fajr merupakan surat ke 89 dalam Al Quran. Berdasarkan waktu turunnya surat al Fajr berada pada urutan ke 10 dan termasuk kedalam surat Makkiyah. Rata-rata mushaf dan hadits menggunakan nama al Fajr. Nama yang kedua disebutkan dalam hadits sunan Nasa’i yaitu wal fajr.

Tidak ada keutamaan khusus yang terkandung dalam surat al Fajar, namun ada sebuah hadist yang membahas tentang surah al-Fajar ini. Yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan Nasa’i tentang kisah Sahabat Muadz bin Jabal Radhiyallahu ‘anhu.

Suatu hari, sahabat Mu’adz bin Jabal shalat Isya berjamaah bersama kaumnya. Di tempat tersebut dia menjadi imam. Ketika shalat masih berlangsung, salah seorang makmum keluar dari shaf kemudian melakukan shalat sendirian. Rupanya, dia merasa keberatan tatkala Mu’adz bin Jabal membaca surah al-Baqarah dalam shalatnya. Usai salat, Mu’adz menghampiri jamaah yang memisahkan diri tersebut dan menuduhnya sebagai orang munafik. Kemudian permasalahan itupun diadukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Setelah mengetahui duduk permasalahannya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memberi nasehat kepada Muadz, “Mengapa kamu tidak membaca saja surat Sabbihisma rabbika (al-A’la), atau dengan wal fajr (al Fajri) atau Wallaili idzaa yaghsyaa (al-Lail)? Karena yang ikut shalat di belakangmu mungkin ada orang yang lanjut usia, orang yang lemah, atau orang yang punya keperluan.”

Surat al Fajri terdiri dari 30 ayat menurut jumhur para ulama, namun ada beberapa pendapat mengatakan bahwa Q.S al Fajr terdiri dari 32 ayat dan atau 29 ayat, hal ini terjadi karena terdapat perbedaan pemotongan ayat yaitu di ayat 15 dan 16. Meskipun demikian, perbedaan itu tidaklah menambah atau mengurangi isi ayat dalam Qur’an surat al Fajr.

Video Yufid.TV kali ini akan menyajikan tentang tafsir surat al Fajr. Di dalamnya berisi tafsir lengkap surat al Fajr 1-30. Secara bahasa al Fajr artinya waktu dimana gelapnya malam mulai sirna diganti dengan cahaya yang perlahan mulai keluar yang dikenal dengan waktu shubuh, di ayat pertama dalam tafsir Al Quran di atas, Allah yang Maha Suci bersumpah dengan fajar. Hal ini menunjukkan keistimewaan waktu fajar. Ayat selanjutnya akan dijelaskan secara lengkap di dalam video Yufid.TV di atas.

Di samping penjelasan tafsir per ayat, video di atas juga dilengkapi dengan surat al Fajr dan artinya, dan murottal surat al Fajr. Adapun tafsir dan surat al Fajr beserta artinya akan dibacakan dengan pelan dan ringkas sehingga dapat memudahkan kaum muslimin dalam memahaminya. Murottal merdu juga akan dilantunkan oleh seorang Qori’. Kita juga bisa belajar menghafalkan surat ini dengan sering-sering mendengarkan murottal al Fajr. Karena dengan suara Qori yang melantunkan surah al Fajr merdu bisa membuat kita lebih bersemangat dalam menghafal Al Quran.

Selain murottal surat al Fajr dalam video ini, murottal juz 30 lainnya juga bisa pemirsa simak dalam video Yufid.TV. Banyak pula metode belajar yang bisa kita temukan dalam platform YouTube. Salah satu metode yang terkenal untuk hafalan anak yaitu belajar menghafal surat al Fajr metode ummi. Selain itu juga ada cara penulisan surat al Fajr latin, dengan adanya metode transliterasi semacam ini bisa memudahkan kaum muslimin dalam membaca Al Quran, karena surah al Fajr latin dapat membantu mempercepat belajar membaca Al Quran.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlFajr

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se