Islam mengajarkan umat manusia untuk berlaku baik, adil, dan tidak menzalimi orang lain. Salah satu contohnya adalah tatkala terjadi talak atau cerai. Meskipun biasanya talak terjadi karena ada perselisihan antara suami dan istri namun Islam melarang sang suami berlaku zalim. Selain itu, ia juga dilarang menjadikan hukum-hukum Allah sebagai permainan.

Surat Al Baqarah memiliki arti sapi betina. Nama Al Baqarah diambil dari salah satu penggalan ayat yang mengisahkan tentang penyembelihan sapi betina. Surah Al Baqarah merupakan surat dengan jumlah ayat terbanyak dalam Al Quran, sebab di dalam surah Al Baqarah full terdapat 286 ayat. Dalam Al Baqarah juz 2 yang sedang kita pelajari ini terdiri dari ayat 142 hingga 252. Mempelajari kandungan QS Al Baqarah merupakan hal yang sangat penting bagi kita sebagai umat islam karena Al Baqoroh ini memiliki banyak sekali keutamaan.

Pada kesempatan kali ini Yufid.TV akan melanjutkan pembahasan tafsir mudah dan ringkas bacaan surat Al Baqarah. Rujukan dari video di atas yaitu menggunakan kitab Al Mukhtashar fii tafsir. Pada episode kali ini telah sampai pada bahasan tafsir surat Al Baqarah ayat 230-233. Ayat-ayat tersebut terdapat pada bagian Al Quran halaman 37. Secara garis besar, kandungan surat Al Baqarah dalam video diatas masih membahas tentang hukum perceraian. Dalam Al Baqarah ayat 233, terdapat pula ancaman keras dari Allah bagi orang yang mempermainkan perkara hukum talak tersebut. Ibnu Abbas berkata tentang surat Al Baqarah ayat 233 ini, “Ada seorang laki-laki yang mentalak istrinya lalu rujuk lagi sebelum berakhirnya masa iddah istrinya lalu mentalaknya lagi. Dia melakukan hal tersebut untuk menyakiti dan membingungkan istrinya, lalu Allah menurunkan ayat ini”. Selanjutnya pada Al Baqarah ayat 231, menjelaskan tentang batasan seorang istri dengan suami yang menceraikannya yaitu selesainya masa iddah. Maka Allah melarang para wali untuk menghalangi mereka menikah lagi. Kemudian di Al Baqarah ayat 232, Allah menjelaskan tentang bagaimana seorang ibu menyusui anak-anaknya.

Video tafsir di atas juga dilengkapi dengan murottal surat Al Baqarah dan terjemahan surat Al Baqarah. Selain lantunan Al Baqarah merdu, video di atas juga menjabarkan tafsir tersebut dengan metode pembacaan per ayat. Murottal Al Baqarah juga diperdengarkan dengan pelan dengan makhraj yang jelas sehingga membantu kaum muslimin dalam menyimak serta menghafalkannya. Jangan lewatkan tafsir Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video surat Al Baqarah ayat selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se